Penguatan Kampung KB “Keluarga Berkualitas”

Kampung Keluarga Berkualitas merupakan satuan wilayah setingkat desa yang didalamnya terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan konstitusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat melalui intervensi program dan kegiatan dengan pendekatan siklus kehidupan manusia. Upaya penguatan Kampung Keluarga Berkualitas di Sulawesi Barat dilaksanakan dalam bentuk penilaian praktek terbaik dalam penyelenggaraannya, juga sebagai upaya pembinaan pelaksanaan konvergensi program. Penilaian Kampung Keluarga Berkualitas di Sulawesi Barat untuk Tahun 2023 telah dilaksanakan pada Hari Rabu hingga Jumat, 5 – 7 April 2023 di beberapa Kampung Keluarga Berkualitas di beberapa Kabupaten.

Penilaian Kampung Keluarga Berkualitas Hari Rabu 5 April 2023 di Kabupaten Mamuju dilaksanakan dengan diwakili Desa Taan di Kecamatan Mamuju; serta di Kabupaten Majene dengan perwakilan Kampung Keluarga Berkualitas Sandang yang bertempat di Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene. Penilaian hari ke-2 dilaksanakan di Kampung KB perwakilan Kabupaten Mamasa di Desa Salubalo, Kecamatan Sumarorong, dan hari ke-3 penilaian dilaksanakan di Kampung KB perwakilan Kabupaten Polewali Mandar di Desa Tonrolima Kecamatan Matakali.

Proses penilaian verifikasi lapangan Kampung Keluarga Berkualitas ini dilakukan setelah sebelumnya dilakukan penilaian secara online dengan mengecek kelengkapan data dan laporan kondisi di website Kampung KB, dengan tim penilai yang tediri dari bagian kelompok kerja pengendalian penduduk, data dan informasi, advokasi dan KIE Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, serta mitra kerja yang terkait dengan pembangunan desa dari Dinas Pembangunan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Barat. Tim penilai disambut hangat oleh aparat desa dengan dipimpin kepala desa yang memberikan pengantar dan menggambarkan berbagai aktivitas intergrasi intervensi kegiatan di desanya sejak dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas. Turut hadir mendampingi pelaksanaan kegiatan Kepala OPD KB Kabupaten berserta staff yang diantaranya Kepala Bidang dan Sub Koordinator Pengendalian Penduduk, Keluarga Sejahtera dan Keluarga Berencana.

Pelaksanaan verifikasi lapangan Kampung Keluarga Berkualitas terbaik di Kabupaten selanjutnya akan dilaksanakan secara terpisah beberapa hari kedepan, dan dipastikan seluruh Kampung KB yang mewakili Kabupaten dapat dilakukan penilaian, dan dari seluruh Kampung KB yang telah dinilai akan dilakukan seleksi guna penentuan Kampung KB terbaik tingkat Provinsi Tahun 2023.