WAKIL BUPATI MAMUJU TENGAH CANANGKAN SECARA SERENTAK 37 KAMPUNG KB

Senin, 17 April 2023, bertempat di Aula A Kantor Bupati Mamuju Tengah, Wakil Bupati Mamuju Tengah, Drs. H. Muh. Amin Jasa, MM., canangkan 37 Kampung KB secara serentak. Kegiatan ini merupaikan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Rapat Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting dan Launching Program DASHAT.

Wakil bupati mateng, Amin Jasa, dalam sambutannya menyampaikan bahwa generasi penerus harus sehat cerdas dan produktif, jika anak-anak tumbuh dalam kekurangan gizi kronis, maka akan memiliki risiko mendapatkan penyakit kronis ketika dewasa. Hasil SSGI telah memberikan gambaran terkait angka stunting, namun penghitungannya mnggunakan sampel , sedangkan Mamuju Tengah telah memiliki data yang lebih akurat by name by adress, sehingga balita stunting bisa lebih mudah di tangani.

” Oleh karena itu perlu koordinasi antar instansi, baik tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.
Hari ini kita juga akan launching dashat dan kampung KB yg merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk memenuhi gizi seimbang ibu hamil, baduta, balita, terutama keluarga miskin. Dashat akan berlangsung di kampung kb, saya mohon menu ini mampu memberdayakan masyarakat.
Saya himbau perangkat desa untuk kerja sama dan saling membantu untuk menanganni stunting demi mamuju tengah yang lebih baik” lanjut Amin Jasa.

Lanjut dalam sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat yang dibacakan oleh Ketua Tim Kependudukan, Nasrullah, SKM, M.Si., menyampaikan bahwa Hasil SSGI di Provinsi Sulawesi Barat, pada tahun 2022 meningkat menjadi 35% dari tahun 2021 sebesar 33,8%. Demikian juga Mamuju Tengah meningkat menjadi 28,1% dari tahun sebelumnya sebesar 26,3%. Hasil tersebut menujukkan kinerja penurunan stunting belum maksimal, sehingga kerja sama lintas sektor perlu lebih ditingkatkan lagi.

“Melalui pertemuan ini, kami berharap program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting mampu dijalankan dengan baik di seluruh tingkatan wilayah di Kabupaten Mamuju tengah, dengan memanfaatkan DAK dimana didalamnya memuat Operasional Kampung KB Berkualitas dan Operasional Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Kami yakin, dengan dukungan kuat dari Bapak Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah serta seluruh mitra kerja upaya mewujudkan keluarga berkualitas dapat kita capai dengan sebaik-baiknya.” ungkap Nasrullah.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 80 orang peserta, yang terdiri dari TNI, POLRI, para Asisten, OPD terkait, Camat, Kepala Desa dan mitra kerja lainnya. Dalam rangkaian kegiatan tersebut Wakil Bupati juga melakukan Penyerahan SK Kampung KB kepada para Kepala Desa serta launching program Dashat melalui pemukulan gong.